Muhammad SAW Lahir

07:05
Aminah sudah hamil, dan kemudian, seperti wanita lain iapun melahirkan. Selesai bersalin dikirimnya berita kepada Abd'l Muttalib di Ka'bah, bahwa ia melahirkan seorang anak laki-laki. Alangkah gembiranya orang tua itu setelah menerima berita. Sekaligus ia teringat kepada Abdullah anaknya. Gembira sekali hatinya karena ternyata pengganti anaknya sudah ada. Cepat-cepat ia menemui menantunya itu, diangkatnya bayi itu lalu dibawanya ke Ka'bah. Ia diberi nama Muhammad. Nama ini tidak umum di kalangan orang Arab tapi cukup dikenal. Kemudian dikembalikannya bayi itu kepada ibunya. Kini mereka sedang menantikan orang yang akan menyusukannya dari Keluarga Sa'd (Banu Sa'd), untuk kemudian menyerahkan anaknya itu kepada salah seorang dari mereka, sebagaimana sudah menjadi adat kaum bangsawan Arab di Mekah.

Mengenai tahun ketika Muhammad dilahirkan, beberapa ahli berlainan pendapat. Sebagian besar mengatakan pada Tahun Gajah (570 Masehi). Ibn Abbas mengatakan ia dilahirkan pada Tahun Gajah itu. Yang lain berpendapat kelahirannya itu limabelas tahun sebelum peristiwa gajah. Selanjutnya ada yang mengatakan ia dilahirkan beberapa hari atau beberapa bulan atau juga beberapa tahun sesudah Tahun Gajah. Ada yang menaksir tiga puluh tahun, dan ada juga yang menaksir sampai tujuhpuluh tahun.

Juga para ahli berlainan pendapat mengenai bulan kelahirannya. Sebagian besar mengatakan ia dilahirkan bulan Rabiul Awal. Ada yang berkata lahir dalam bulan Muharam, yang lain berpendapat dalam bulan Safar, sebagian lagi menyatakan dalam bulan Rajab, sementara yang lain mengatakan dalam bulan Ramadan.

Kelainan pendapat itu juga mengenai hari bulan ia dilahirkan. Satu pendapat mengatakan pada malam kedua Rabiul Awal, atau malam kedelapan, atau kesembilan. Tetapi pada umumnya mengatakan, bahwa dia dilahirkan pada tanggal duabelas Rabiul Awal. Ini adalah pendapat Ibn Ishaq dan yang lain.

Selanjutnya terdapat perbedaan pendapat mengenai waktu kelahirannya, yaitu siang atau malam, demikian juga mengenai tempat kelahirannya di Mekah. Caussin de Perceval dalam Essai sur l'Histoire des Arabes menyatakan, bahwa Muhammad dilahirkan bulan Agustus 570, yakni Tahun Gajah, dan bahwa dia dilahirkan di Mekah di rumah kakeknya Abd'l-Muttalib.

Pada hari ketujuh kelahirannya itu Abd'l-Muttalib minta disembelihkan unta. Hal ini kemudian dilakukan dengan mengundang makan masyarakat Quraisy. Setelah mereka mengetahui bahwa anak itu diberi nama Muhammad, mereka bertanya-tanya mengapa ia tidak suka memakai nama nenek moyang. "Kuinginkan dia akan menjadi orang yang Terpuji1 bagi Tuhan di langit dan bagi makhlukNya di bumi," jawab Abd'l Muttalib.

Perbanyak sholawat agar kelak mendapatkan syafaat dari Rasulullah SAW pemberi syafaat bagi umat.

Allahumma Sholli 'ala Muhammad ..... :e:

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

15 comments

Write comments
Dwi
January 14, 2014 delete

yang betul yg mana ya gan??? para ahli atau????

Reply
avatar
Anonymous
January 14, 2014 delete

Nice Share gann

Reply
avatar
January 14, 2014 delete

Ikut pendapat yang paling banyak diikuti saja mas, tapi intinya bukan kapan lahirnya Rasulullah SAW, kalau bahasanya Kang Zeer - Jagad Kawula - refleksi sejarah kelahiran Rasulullah SAW bermuara pada semangat untuk mencintai dan meneladani beliau

Reply
avatar
January 14, 2014 delete

kalimat terakhir untuk memperbanyak sholawat, itu sudah merefleksikan bentuk kecintaan terhadap Rasulullah SAW ...

Reply
avatar
January 14, 2014 delete

Salam maulidur rosul mas

Reply
avatar
January 14, 2014 delete

selamat memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW, semoga kita senantiasa mendapatkan syafaatnya di hari akhir nanti. Amin..

Reply
avatar
January 14, 2014 delete

yang batul mari kita bersholawat kapanpun pada bulan apapun bukan hanya pada bulan atau tgl kelahiran nabi :b:

Reply
avatar
January 14, 2014 delete

mas isnaeni memang ok banget lah pokoke .... :g:

Reply
avatar
January 14, 2014 delete

salam juga jenk indah ..... semoga kita bsa mendapatkan syafaat beliau ... aamiin..

Reply
avatar
January 14, 2014 delete

Allahumma Sholli 'ala Muhammad

Reply
avatar
January 14, 2014 delete

Salam maulidur Rasul, semoga kita tidak termasuk orang2 yg menentang beliau..

Allaahumma shalli 'alaa Muhammad wa aali Muhammad..

Reply
avatar