Al Rahman & Al Rahim.

08:38
Beberapa dari sifat Allah adalah Al Rahman & Al Rahim. Dalam hal ini, Imam Al Qurthuby mengatakan : "Allah menyebutkan sifat Al Rahman dan Al Rahim untuk DiriNya setelah menyebutkan firmanNya (Alhamdu lillahi) Rabbil 'alamin sebagai sebuah bentuk pemberian kabar gembira (targhib) setelah adanya pemberian peringatan (tarhib). Hal ini sama persis dengan Firman Allah Ta'ala yang artinya "Kabarkanlah kepada hamba-hamba-Ku, bahwa sesungguhnya Aku-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang, dan bahwa sesungguhnya azab-Ku adalah azab yang sangat pedih." (Al Hijr : 49-50)"

Sifat Al Rahman(Maha Pengasih) diberikan untuk semua yang ada di alam semesta tanpa pilih kasih. pernah gak dalam pikiran kita terbesit pertanyaan " Kenapa orang-orang cina, jepang dll atau kita bilang non muslim mereka lebih maju dalam segi ekonomi sedang orang-muslim tidak sedikit yang masih kekurangan". itu semua karena sifat Al Rahmannya Allah yang diberikan merata di bumi  bagi siapa yang bekerja keras & berbuat baik.

Allah SWT membalas semua kebaikan dan kerja kerasnya ya cuma di dunia bukan di akhirat. jadi jangan pernah berpikir Allah tidak adil dalam segi ekonomi, Allah lebih tahu apa yang dibutuhkan hambanNya, jika tidak diberi saat dia hidup pasti di akhirat kelak akan mendapat kasih sayang ( Al Rahim ).

tetapi bukan serta merta setelah kita benci dengan mereka yang non muslim, karena di Q.S Al Fatihah Setelah ayat Al Rahmanirrahim Allah berfirman "Malikiyaumiddin (Allah yang menguasai hari kiamat)" yang menentukan kita selamat atau gak di hari akhir nanti hanyalah Allah.

Mungkin itu sedikit sebab kenapa kisruh terjadi antar umat beragama bahkan kisruh pun banyak terjadi pada mereka yang masih se-umat. karena mereka masih beranggapan kita lah yang benar, kita lah yang nanti selamat, meraka yang salah. kita tidak seharusnya meng-klaim seseorang bahwa dia ahli neraka entah itu pada mereka yang non muslim, yang berhak menentukan suraga-neraka hanyalah Allah bukan kita (hak PrerogatifNya)

sedangkan sifat Al Rahim(Maha Penyayang) Hanya diberikan kelak di akhirat buat orang-orang yang bertaqwa. berlomba-lomba dalam kebaikan itu lebih baik dari pada berlomba-lomba menjadi paling benar dan menyalahkan orang lain. lebih baik merasa bersalah dari pada merasa diri kita benar.

Semoga Bermanfaat
Salam SuksesMulia

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
August 11, 2014 delete

berdzikir dgn lafal itu tiap hari,,insyaallah akan selalu dalam lindungannya,,

Reply
avatar
August 11, 2014 delete

insya Allah bi-idznillah ,,,,, :)

Reply
avatar