Dalam Islam Tidak Ada Pertentangan Agama dengan Negara

21:00
Islam dapat diselamatkan dari pertentangan serta segala pengaruhnya itu, sebabnya ialah karena Islam tidak kenal apa yang namanya gereja itu atau kekuasaan agama seperti yang dikenal oleh agama Kristen. Belum ada orang di kalangan Muslimin - sekalipun ia seorang khalifah - yang akan mengharuskan sesuatu perintah kepada orang, atas nama agama, dan akan mendakwakan dirinya mampu memberi pengampunan dosa kepada siapa saja yang melanggar perintah itu. Juga belum ada di kalangan Muslimin - sekalipun ia seorang khalifah - yang akan mengharuskan sesuatu kepada orang selain yang sudah ditentukan Tuhan di dalam Qur'an.



Bahkan semua orang Islam sama di hadapan Tuhan. Yang seorang tidak lebih mulia dari yang lain, kecuali tergantung kepada taqwanya - kepada baktinya. Seorang penguasa tidak dapat menuntut kesetiaan seorang Muslim apabila dia sendiri melakukan perbuatan dosa dan melanggar penntah Tuhan. Atau seperti kata Abu Bakr ash-Shiddiq kepada kaum Muslimin dalam pidato pelantikannya sebagai Khalifah "Taatilah saya selama saya taat kepada (perintah) Allah dan RasulNya. Tetapi apabila saya melanggar (perintah) Allah dan Rasul maka gugurkanlah kesetiaanmu kepada saya."

Kendatipun pemerintahan dalam Islam sesudah itu kemudian dipegang oleh seorang raja tirani, kendatipun di kalangan Muslimin pernah timbul perang saudara, namun kaum Muslimin tetap berpegang kepada kebebasan pribadi yang besar itu, yang sudah ditentukan oleh agama, kebebasan yang sampai menempatkan akal sebagai patokan dalam segala hal, bahkan dijadikan patokan didalam agama dan iman sekalipun. Kebebasan ini tetap mereka pegang sekalipun sampai pada waktu datangnya penguasa-penguasa orang-orang Islam yang mendakwakan diri sebagai pengganti Tuhan di muka bumi ini - bukan lagi sebagai pengganti Rasulullah. Padahal segala persoalan Muslimin sudah mereka kuasai belaka, sampai-sampai ke soal hidup dan matinya.

Sebagai bukti misalnya apa yang sudah terjadi pada masa Ma'mun, tatkala orang berselisih mengenai Qur'an: makhluk atau bukan makhluk - yang diciptakan atau bukan diciptakan! Banyak sekali orang yang menentang pendapat Khalifah waktu itu, padahal mereka mengetahui akibat apa yang akan mereka terima jika berani menentangnya.



Happy Blogging Kawan :)

Jangan lewatkan untuk membaca artikel tentang Memory Tentang Ujian Nasional

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

13 comments

Write comments
April 17, 2014 delete

n3 yg sangat menarik..Islam itu sempurna indah n mudah...

Reply
avatar
April 18, 2014 delete

selamat pagi maz fiu , , ,
sebagai orang Islam saya sangat bangga , ,
Alhamdulillah saya dilahirkan dari anak seorang musim dan muslimah , ,
sebuah anugrah yang luar biasa , ,

Reply
avatar
April 18, 2014 delete

Islam itu syumul . sesuai diaplikasikan dan digunakan sepanjang zaman .

Reply
avatar
April 18, 2014 delete

bukan manusia yang menyelamatkan islam, tetapi islam yang menyelamatkan manusia :)

nice sharing n happy blogging juga mas fiu :D

Reply
avatar
April 18, 2014 delete

Bener sekali mas..
saya setuju itu "-"

Reply
avatar
April 18, 2014 delete

iya sebaiknya agama itu tidak dicampur dengan politik ya mas, sehingga tidak kacau negara ini ;)

Reply
avatar
April 18, 2014 delete

setuju gan, islam memang cinta damai dari berbagai umat dan negara :)

Reply
avatar
April 18, 2014 delete

alhamdulliha ..... hidup mas ibnu,,,hehehe

Reply
avatar
April 18, 2014 delete

ahsanti ya ukhti..... :)

Reply
avatar
April 18, 2014 delete

yupz .... bener mb indri....

Reply
avatar
April 18, 2014 delete

mudah2n kedepa ada perubahan yah mb,,,, :)

Reply
avatar