Cara Membuat Bootable Flashdisk

15:12
Hari ini saya mau share tentang cara agar flashdisk yang kita punya bisa untuk booting. Karena yang pernah saya tulis pada postingan lalu bahwa perkembangan teknologi sudah tidak bisa kita pungkiri lagi, makin hari selalu update dan saling bersaing. Sebetulnya cara ini sudah cukup lama didunia IT. Tapi saya yakin masih ada yang belum tahu juga, semoga dengan tulisan ini bisa bermnafaat buat para pengunjung semuanya.


Flashdisk yang bisa booting nantinya akan digunakan untuk install windows pada pc / laptop, apalgi buat para user netbook yang dalam hal ini tidak adanya DVD-Room, dan pasti untuk menginstall windows harus menggunakan bantuan flashdisk. Buat anda yang sering dimintai pertolongan untuk installasi windows saya rekmendasikan juga untuk membuat tips ini, tapi saya juga yakin buat para master IT pasti sudah tahu, hehe, kalau begitu perkaranya saya sarankan jug buat para new IT seperti saya harus punya yang model begini. :)

Peralatan yang dibutuhkan cukup mudah, jika akan buat installasi windows 7-8 siapkan flashdisk minimal 4 gb, kalau xp flashdisk 1 atau 2 GB pun sudah cukup. Dan cara membuatnya tidak perlu download atau menggunakan bantuan software, tapi menggunak CMD ( Command Prompt) , yuk langsung ikuti caranya step by step :

Oya kalau flashdisknya ada data penting back-up duku yah ...

Pertama Buka CMD dengan cara ketik cmd pada search start menu dan tekan enter, atau bisa dengan tekan tombol logo bendera windows + R pada keyboard lalu ketik cmd dan tekan enter, atau bisa juga klik start menu-accessories-Command Prompt. Semuanya tergantung selera anda :)

Selanjutnya ketik DISKPART dan ENTER jika muncul User Acount Control pilih saja YES.


Kemudian Ketik LIST DISK-ENTER


Pilih disk yang akan dibuat bootable, karena kita akan menggunakan flashdisk, dan perlu di ingat berapa kapasitas flashdisk nya tidak salah pilih, jika salah pilih bisa - bisa yang terformat Disk yang ada di PC. disni saya ketik SELECT DISK 1-ENTER karena hanya ada dua Disk pada laptop saya. tapi ingat jagang salah pilih :).


Ketik CLEAN-ENTER


Ketik CREATE PARTITION PRIMARY-ENTER


Ketik SELECT PARTITION-ENTER


Ketik ACTIVE-ENTER


Ketik format fs=Ntfs-ENTER


Tunggu sampai proses selesai 100% Complete, dan akan membutuhka waktu kurang lebih 30 menit.Jika sudah 100% Completed ketik assign-ENTER-EXIT-ENTER


Jika cara diatas sudah dilakukan, terakhir anda copy semua file installer windows nya ke flashdisk yang sudah anda buat tadi, tanpa dimasukan dalam satu folder. Setelah semua file tercopy Eject Flashdisk dan silahkan dicoba.

Oya Agar bisa booting dengan flashdisk rubah dulu pengaturan booting pada pc anda agar flashdisk ada di urutan pertama.Karena ada juga laptop yang tidak mau booting dengan menenkan tombol pada keyboard, jadi untuk mempermudah kinerja saya sarankan merubah pengaturan boot nya, ketika sudah selesai kembalikan pengaturana boot ke default nya.

Ups... Perlu di perhatikan setiap kali kita akan install windows sebelum dan sesudah saya sarankan juga untuk memback-up windows nya dulu, untuk caranya silahkan baca Back-up Windows Dengan Hiren BootCD

OK, selamat mencoba kawan, ada pertanyaan ? tinggalkan di kolom komentar :)

Happy Blogging :)

Artikel Menarik Sebelumnya : Check Rontgen Pertama Kali

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

20 comments

Write comments
May 01, 2014 delete

sengaja coment pertama , , , biar dapat PERTAMAX . . .xixixixix :

Reply
avatar
May 01, 2014 delete

Niyh cara unik banget dah , ,maz , ,
kalau aku biasanya pekek software , ,niy cara lain dah . . .belajar dulu lah ya maz . .

Reply
avatar
May 01, 2014 delete

hehehehe, saya juga kadang pakai software mas, cuma yang ini lebih sering saya gunakan.... :x:

Reply
avatar
May 01, 2014 delete

Menarik nih Mas Fiu trik nya saya coba nih Mas makasih atas trik nya

Reply
avatar
May 01, 2014 delete

Betul kata Mas Ell unik dan menarik cara membuat bootable
Flashdisk ini, saya coba nih Mas Fiu terima kasih atas artikelnya :e:

Reply
avatar
May 01, 2014 delete

enggak paham kaya ginian, gak pernah nyoba instal-instalan :D
nyimak aja deh, hehe

Reply
avatar
May 01, 2014 delete

bisa buat belajar nih mas, trims

Reply
avatar
May 01, 2014 delete

Dulu pernah sekali bikin pas install gagal mulu & pake cara ini juga gagal tau2nya hardisk ada yg ga beres setelah install antivirus & terpaksa delete partisi dulu

Reply
avatar
May 01, 2014 delete

sama mbak, yang saya tahu flashdisk sering saya gunakan hanya untuk menyimpan data jika memory PC sudah tidak menampung lagi

Reply
avatar
May 01, 2014 delete

hehehehe, coba saja mas .......

Reply
avatar
May 01, 2014 delete

hehehehehe, selamat menyimak yah mba mba ,,,,, mba devy dulu tw nya bgtu tapi sekarang jadi tahu ,,,, :g:

Reply
avatar
May 01, 2014 delete

sbenrnya banyak cara juga sih .... tinggal kita nya familiar dg cara yg mana .... happy blogging.... :t:

Reply
avatar
May 02, 2014 delete

Ok,,, di Bm dulu, kapan-kapan di coba mas..

Reply
avatar
May 02, 2014 delete

Mesti rajin backup ya Bang, kadang-kadang lappy booting sendiri. Bikin takut aja. Heheh.. Makasih tutornya, izin bookmark yah :)

Reply
avatar
May 02, 2014 delete

klo back-up windows sih cukup sekali saja beb, .. biar klo suatu saat windows bermasalah, bisa dibalikan seperti semula ... :x:

Reply
avatar
May 02, 2014 delete

ternyata rumit juga ya mas bahasa pemograman itu hmmm :)

Reply
avatar
May 02, 2014 delete

hehehehehe, kurang lebih bgitu mb ..... hehehe :x:

Reply
avatar