Cara Membangun Kerja Sama Yang Baik

19:55
Cara Membangun Kerja Sama Yang Baik. Allah menciptakan manusia adalah tidak lain untuk menjaga dan memelihara keutuhan bumi dan se-isinya. Oleh karena itu untuk mewujudkan yang demikian itu perlu adanya kerja sama yang baik. Dengan kerja sama yang baik akan membuahkan hasil yang baik pula. ( read : Dalam Pergaulan Ada Sumber Rizqi Dan Jodoh )

Cara Membangun Kerja Sama Yang Baik
Bagaimana Cara Agar Kita Dapat Membangun Kerja Sama Yang Baik?

Dua dari beberapa cara yang akan saya sampaikan dalam kesempatan kali ini adalah :

Pertama : Adil
Dalam satu kelompok, organisasi, baik tingkat bawah ataupun atas bahkan dalam sebuah keluarga, sebagai pemimpin, bawahan, atau apapun yang kita sandang dalam sebuah organisasi, sikap adil sangat di perlukan. Adil dalam mengambil keputusan, adil dalam berinteraksi antar sesama dan adil dalam segala hal.

Kedua : Peduli
Cara Yang berikutnya adalah kita tanamkan sikap peduli. Sebuah kelompok akan menghasilkan kinerja yang baik, tatkala rasa kepedulian kita aplikasikan dalam setiap langkah-langkah yang sedang dijalani. Tanpa kepedulian yang terjadi adalah sendiri-sendiri, kerjaannya ya bukan kerjaanku, tanggung jawabnya yang bukan tanggung jawabku. Pernytaan yang demikian itu menunjukan kurangnya rasa kepedulian dalam diri kita sendiri. Maka jangan heran jika banyak terjadi kebakaran, longsor, dan bencana alam lainnya tidak lain adalah kurangnya rasa kepedulian.

Allah SWT berfirman "Sesungguhnya Allah memerintahkan kita berbuat adil dan kebijakan, memberi kepada karib kerabat, dan Allah melarang perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. Demikianlan Allah mengajari kalian, agar kalian mengambil sebaik-baik peringatan" (Q.S Al-Nahl : 90)

Semoga bermanfaat

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

14 comments

Write comments
May 17, 2015 delete

dan yang ke-3 adalah saling melengkapi, karena tidak menutup kemungkinan egois itu ada dala segi apapun, jika kita diberi tuga seperti ini dan yang lain berbeda dengan tugas yang kita kerjakan, akan tidak dapat bekerjasama jika tidak bisa saling melengkapi. karena dengan saling melengkapai akan menimbulkan rasa tanggung jawab.

bukan begitu mas fiu..

Reply
avatar
May 17, 2015 delete

yupz bner bgtu neng devy ,,,
hal yg sperti itu sangat banyak dan sering kita temui ...
kadang sy sndri pun ikut geram mendengar dan melihatnya ,,,, :D

Reply
avatar
May 17, 2015 delete

peduli itu yg sulit mas.kadang dalam teori mudah tp prakteknya masih sering kalah dengan ego

Reply
avatar
May 18, 2015 delete

perlu prihatin r bersikap ambil peduli sesama kita...menuturnya mudah kan...mengamalkannya besar ganjaran pahala Allah beri tu.

Reply
avatar
May 18, 2015 delete

Kerja sama juga harus 'saling' betul ga mas afgan? :)

Reply
avatar
May 18, 2015 delete

tampilan blognya ganti ya mas fiu, lama nggak main-main ini, sejak kapan ganti? #oot

kerja sama juga harus tanggung jawab semua mas fiu, ntar yang 1 ngerjain yang lain pada enak-enakan. harus adil gitu ya? hehe

Reply
avatar
May 18, 2015 delete

alhamdulillah dapat pencerahan disini, memang adil dan bijak itu cukup sulit untuk direalisasikan dalam kehidupan, apalagi kepedulian orang itu sangat sulit, saat kita terjatuhpun jarang sekali mendapatkan kepedulian, dan banyak orang yang memikirkan dirinya sendiri..

Reply
avatar
May 19, 2015 delete

jujur juga perlukan dalam membangun kerja sama yang baik?

Reply
avatar
May 22, 2015 delete

saling percaya juga iya mas ...

Reply
avatar
June 02, 2015 delete

kayanya kunci nya kerja sama yang baik jujur deh

Reply
avatar
June 03, 2015 delete

Udah lama nggak kesini mas, mampir dong...

Reply
avatar
LFA
May 12, 2018 delete

Seorang atasan harus pandai memimpin teamnya agar bisa menjadi teamwork yang solid

Reply
avatar