Manfaat Buah Jamblang

15:43
source image : kompasiana.com

Buah Jamblang adalah termasuk kategori dari jambu-jambuan, kalau di desa saya biasa disebut buah duwet. Dulu waktu kecil saya sering banget makan buah duwet yang ada dibelakang rumah tetangga (ceritanya teringat masa kecil dulu) hehehe. tapi nggak tahu untuk  saat ini, apakah pohon duet ini masih ada atau nggak.
Keberadaannya memang sudah jarang sekali, di pasar-pasar pun jarang saya temukan yang menjula buah jamblang (duet). seingat saya rasa buah jamblang (duwet) manis-manis sepat dan seger di lidah.
Walaupun keberadaannya sudah mulai langka, buah yang mengandung vitamin A dan C ternyata banyak manfaat yang bisa kita rasakan seperti mempunya potensi sebagai alat kontrasepsi laki-laki, obat diabetes, bukan hanya buahnya.
Sempat juga saya melihat tayangan media televisi tentang keberadaan buah tersebut yang masih diberdayakan di pulau sumatra, disitu juga dijelaskan bahwa buah jamblang bisa memperlancar siklus haid.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

13 comments

Write comments
September 04, 2014 delete

waktu kecil aku suka manjat pohon dan makan buahnya di atas pohon ... tapi namanya duwet :D

Reply
avatar
September 04, 2014 delete

iya dikampung sy juga namnya duet mba .... He

Reply
avatar
September 04, 2014 delete

di kampung saya namanya juwet.. piss pakdhe :)

Reply
avatar
September 04, 2014 delete

setiap daerah emg beda2 nama mas ...... :) di luar ngeri pun ada cuma beda nama juga ,,, :D

Reply
avatar
September 04, 2014 delete

Saya inget waktu smp paling gemar sama buah ini, tapi kalo gak salah ini dikampung saya namanya buah JUWET y hehehe

Reply
avatar
September 05, 2014 delete

ia mas, emg bener dibeberap daerah ada yg menyebutnya duah juwet ,,, :)

Reply
avatar
September 06, 2014 delete

di desa saya suka disebut buah juwet/duwet.
waktu kecil sering nih manjat manjat pohonnya buat metik juwet.

Reply
avatar
September 06, 2014 delete

hehehehe, sama gan ,,,, dikampung sya juga namyan duwet ,,, :D

Reply
avatar
September 06, 2014 delete

baru tau kalo ada buah jamblang di dunia ini seperti buah anggur iya..

Reply
avatar
September 08, 2014 delete

itu buah namanya duwet mas,,bisa juga juwet,,,

Reply
avatar
September 08, 2014 delete

ditemptnya wida gak ada yah ? :)

Reply
avatar
September 08, 2014 delete

di SBY masih banyak dijual nggak mbak ?

Reply
avatar
September 13, 2014 delete

yes, itu duwet a.k.a anggur ndesa :D

Reply
avatar