Nasib Manusia Telah ditetapkan

05:21
عَنْ أَبِي عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَبْدِ اللهِ بنِ مَسْعُوْدٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : حَدَّثَنَا رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم وَهُوَ الصَّادِقُ الْمَصْدُوْقُ : إِنَّ أَحَدَكُمْ يُجْمَعُ خَلْقُهُ فِي بَطْنِ أُمِّهِ أَرْبَعِيْنَ يَوْماً نُطْفَةً، ثُمَّ يَكُوْنُ عَلَقَةً مِثْلَ   ذَلِكَ، ثُمَّ يَكُوْنُ مُضْغَةً مِثْلَ ذَلِكَ، ثُمَّ يُرْسَلُ إِلَيْهِ الْمَلَكُ فَيَنْفُخُ فِيْهِ الرُّوْحَ، وَيُؤْمَرُ بِأَرْبَعِ كَلِمَاتٍ: بِكَتْبِ رِزْقِهِ وَأَجَلِهِ وَعَمَلِهِ وَشَقِيٌّ      أَوْ سَعِيْدٌ.    فَوَ اللهِ الَّذِي لاَ إِلَهَ غَيْرُهُ إِنَّ أَحَدَكُمْ لَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ الْجَنَّةِ حَتَّى مَا يَكُوْنُ بَيْنَهُ وَبَيْنَهَا إِلاَّ ذِرَاعٌ فَيَسْبِقُ عَلَيْهِ الْكِتَابُ فَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ النَّارِ فَيَدْخُلُهَا، وَإِنَّ أَحَدَكُمْ لَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ النَّارِ حَتَّى مَا يَكُوْنُ بَيْنَهُ وَبَيْنَهَا إِلاَّ ذِرَاعٌ فَيَسْبِقُ عَلَيْهِ الْكِتَابُ فَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ  الْجَنَّةِ فَيَدْخُلُهَا                              
[رواه البخاري ومسلم]



Dari Abu Abdurrahman Abdullah bin Mas’ud radiallahuanhu beliau berkata : Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam menyampaikan kepada kami dan beliau adalah orang yang benar dan dibenarkan : Sesungguhnya setiap kalian dikumpulkan penciptaannya di perut ibunya sebagai setetes mani selama empat puluh hari, kemudian berubah menjadi setetes darah selama empat puluh hari, kemudian menjadi segumpal daging selama empat puluh hari. Kemudian diutus kepadanya seorang malaikat lalu ditiupkan padanya ruh dan dia diperintahkan untuk menetapkan empat perkara : menetapkan rizkinya, ajalnya, amalnya dan kecelakaan atau kebahagiaannya. Demi Allah yang tidak ada Ilah selain-Nya, sesungguhnya di antara kalian ada yang melakukan perbuatan ahli surga hingga jarak antara dirinya dan surga tinggal sehasta akan tetapi telah ditetapkan baginya ketentuan, dia melakukan perbuatan ahli neraka maka masuklah dia ke dalam neraka. sesungguhnya di antara kalian ada yang melakukan perbuatan ahli neraka hingga jarak antara dirinya dan neraka tinggal sehasta akan tetapi telah ditetapkan baginya ketentuan, dia melakukan perbuatan ahli surga  maka masuklah dia ke dalam surga.
(Riwayat Bukhori dan Muslim).

notes :
1.     Allah ta’ala mengetahui tentang keadaan makhluknya sebelum mereka diciptakan dan apa yang akan mereka alami, termasuk masalah kebahagiaan dan kecelakaan.
2.     Tidak mungkin bagi manusia di dunia ini untuk memutuskan bahwa dirinya masuk surga atau neraka, akan tetapi amal perbutan merupakan sebab untuk memasuki keduanya.
3.     Amal perbuatan dinilai di akhirnya. Maka hendaklah manusia tidak terpedaya dengan kondisinya saat ini, justru harus selalu mohon kepada Allah agar diberi keteguhan dan akhir yang baik (husnul khotimah).
4.     Disunnahkan bersumpah untuk mendatangkan kemantapan sebuah perkara dalam jiwa.
5.     Tenang dalam masalah rizki dan qanaah (menerima) dengan mengambil sebab-sebab serta tidak terlalu mengejar-ngejarnya dan mencurahkan hatinya karenanya.
6.     Kehidupan ada di tangan Allah. Seseorang tidak akan mati kecuali dia telah menyempurnakan umurnya.
7.     Sebagian ulama dan orang bijak berkata  bahwa dijadikannya pertumbuhan janin manusia dalam kandungan secara berangsur-angsur adalah sebagai rasa belas kasih terhadap ibu. Karena sesungguhnya Allah mampu menciptakannya sekaligus

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

13 comments

Write comments
January 18, 2014 delete

Terima kasih kang sharing hadisnya. Sungguh Allah maha kuasa dan berkehendak. Bagian dua kalimat terakhir dari hadis di atas sangat menyentuh.

Reply
avatar
January 18, 2014 delete

saya setuju banget bang tapi ada pendapat juga yang mengatakan kalau manusia itu wajib berusaha jika nanti sudah maksimal maka hasil akhirnya itulah yang disebut takdir

Reply
avatar
January 18, 2014 delete

sama2 ..... semoga kita selalu mendapatkan yang terbaik .....

Reply
avatar
January 18, 2014 delete

betul sekali mas pri, suatu kaum bsa berubah klo dia mau berusaha itu yg dinamakan qodar, ada qodlo dan qodar ... klo qhodo itu hak prerogatifnya Allah ...

Reply
avatar
January 18, 2014 delete

Makasih pencerahannya mas Fiu ..

Reply
avatar
January 18, 2014 delete

sama mas isnaen ....

Reply
avatar
January 18, 2014 delete

manusia wajib berusaha, Allah yang menentukan...*semangat pagi

Reply
avatar
January 18, 2014 delete

selamat malam maz fiu . . .
Nyimak terus lah kelanjutan Kitab arba'in nawawinya , , ,
apalagi penjelasnnya deail banget

Semangat ya maz

Reply
avatar
January 18, 2014 delete

Selamat Malam Mas Fiu. kalau gak salah kunjungan Perdana saya nih
Salam kenal yah Mas? walau kita sering ketemu di blog temen, dan Malm
Ini saya bersilaturahmi disini. simak tentang Basib Manusia telah di tetapkan
Salam silaturrahmi. salam blogging :)

Reply
avatar
January 18, 2014 delete

Oh yah Mas Fiu ijin follow blognya juga yah agar silaturrahmi
Antar blog lebih nyaman. selanjutnya motivasi dan pendapat :d
Dari Mas Fiu saya harapkan untuk kelestarian blog saya terima kasih :)

Reply
avatar
January 18, 2014 delete

Sangat bermanfaat Hadist nya Mas. terima kasih semoga
Bermanfaat buat semua. dan yang share mendapat pahalanya amin :)

Reply
avatar
January 18, 2014 delete

aamiin ya rabbal 'alamiin ....

Reply
avatar
January 19, 2014 delete

terima kasih mas atas pencerahan nya :-d

Reply
avatar